CERITA FABLE

IKAN BADUT YANG KESEPIAN
karya : Ages katon S.P.

Pada zaman dahulu kala ada seekor ikan badut yang sedang kesepian, ikan badut itu tinggal di laut, rumahnya dekat dengan perbatasan yang di kelilingi oleh batu karang besar, rumahnya sering disebut anemone. Ikan badut itu memiliki tetangga yaitu ikan tongkol.

Ikan badut itu sering di ejek dengan ikan tongkol karena tubuhnya yang kecil dan badanya yang belang-belang seperti zebra, tetapi si ikan badut tidak membalasnya ia hanya bersabar. Pada suaru hari ada ikan besar seperti ikan tenggiri, ikan hiu, ikan bara kuda, ikan layar dll yang ada di luar batu karang merencanakan sesuatu untuk masuk ke dalam batu karang tersebut. Mereka merencanakan untuk menunggu waktu pasang tinggi tiba. Keesokan harinya terjadi asang laut yang sangat tinggi, tanpa berfikir lama merekapun langsung masuk dan memangsa ikan-ikan yang ada di dalam batu karang. Para ikan-ikan yang berada di dalam batu karang tersebut langsng berenang dengan cepat untuk menjauhi batu karang tersebut termasuk juga ikan badut.

Tetapi ikan badut ingat kepada ikan tongkol yang masih ada di dalam rumah, lalu ikan badut pun segera kembali ke rumah ikan tongkol, ternyata ia sedang tertindih oleh batu-batuan, ia lalu membawa ikan tongkol pergi ke pinggir sambil menunggu ikan besar-besar pergi.


Setelah pergi ikan tongkol pun sadar dan berterima kasih kepada ikan badut. Merekapin hidup bahagia selama-lamanya di laut yang luas.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar